Lets learn and share.


Pernah gak sih anda mendengar kata virtex? Atau virkon?. Dan apakah anda tau artinya?. Kalo belum tau anda berada di blog yang tepat, Karena kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai apa itu virtex, virkon dan virleg.

Mungkin anda pernah mengalami crash atau force close disaat anda membuka aplikasi perpesanan WhtsApp. Atau, anda pernah diteror oleh seseorang? Melalui aplikasi WhatsApp ini. Seperti yang kita ketahui aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang familiar dan sangat banyak penggunanya (user), tak jarang timbul berbagai modus kejahatan yang baru, muncul melalui media aplikasi WhatsApp ini.

Balik lagi ke virtex yang tadi, buat anda yang belum tau mungkin akan bertanya” arti atau makna dari virtex tersebut. Nah yuk simak pengertiannya dibawah ini.

1. Apa itu virtex?

Virtex merupakan singkatan dari “virus text” dengan kata lain, virtex adalah parasite (penggangu) berbentuk text yang sangat panjang atau banyak. Virtex biasanya berwujud Unicode aneh tidak teratur biasa juga berbentu emoji yang sangat banyak. Virtex termasuk kedalam sejenis spam, karena penyerang (pengguna virtex) akan menspam (nyepam) ke target, hingga target down.

Namun disisi lain, virtex digunakan biasanya untuk membuat aplikasi perpesanan WhatsApp target menjadi down, force close & hingga tidak dapat digunakan. Untuk cara kerjanya atau sistematisnya sebagai berikut:

a)      Penyerang (attacker) mengirimkan pesan ke target berupa virtex (Unicode) secara berantai (spam)

b)      Korban menerima pesan berupa virtex (Unicode)

c)       Terjadi crash atau force close pada aplikasi WhatsApp korban

d)      Terkadang efeknya biasa membuat WhatsApp menjadi pending

e)      Biasanya si penyerang (attackel) menjalankan aksinya bersama temannya

Oknum atau penyerang biasanya melakukan kegiatan ini dengan tujuan usil ataupun dengan niat kejahatan dan biasanya oknumnya adalah bocil sok edgy yang baru masuk dunia ciber (underground). Mereka memiliki fantasy bahwa jika melakukan kegiatan atau tindakan tersebut akan membuat mereka menjadi seorang hackel. Namun realitanya sangat berbeda.

2. Apa itu virkon?

Sama halnya virtex atau tak jauh dari virtex, Virkon merupakan singkatan dari “Virus kontak”, virkon adalah sebuah kontak yang didalamnya berisi Unicode atau nomer aneh yang biasa membuat WhatsApp anda pending. Intinya sama seperti virkon, seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Untuk penampakan virkon bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

3. Apa itu virleg?

Virleg merupakan singkatan dari “virus ngeleg”. Ngeleg mempunyai arti pending atau lemmot. Istilah ini popular dikalangan attakel atau pemain virtex & virkon. Intinya virleg sama halnya dengan virtex atau virkon, Cuma beda istlah atau kelimat saja.

4. Bagaimana cara agar tidak diserang attackel virte/virkon?

Sebenarnya hal ini sudah tidak bekerja lagi atau tidak work lagi pada WhatsApp versi sekarang ini, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi.

a)      Buatlah akun WhatsApp anda menjadi privat

b)      Segera blokir atau laporkan kontak jika ada kontak yang tidak dikenal mengirimi anda pesan aneh

c)       Rajin melakukan update aplikasi WhatsApp anda

d)      Jangan masuk grup attackel gajelas

5. Terlanjur diserang attackel dengan virtex/virkon?

Jika anda terlanjur diserang atau sedang diteror oleh hal tersebut sesegaralah lakukan hal berikut

a)      Reset WhatsApp anda, untuk menghindari pending yang berlebihan

b)      Mengupdate aplikasi WhatsApp anda ke versi terbaru

c)       Jangan menggunakan aplikasi WhatsApp mod

Penutup

Nah itulah pengertian singkat mengenai virtex, virkon, virleg dan cara mengatasinya. Artikel ini hanya untuk sebagai media pembelajaran atau sarana edukasi, tidak ada maksud untuk merugikan orang lain. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis, sampai jumpa diartikel berikutnya. See you and good bye.,,, selamat beraktifitas.

Related Posts

RyuXploit merupakan sebuah situs web yang membahas tentang tutorial, tips, otaku, blogging, teknologi informasi, dan hal menarik lainnya..
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Belum ada Komentar untuk "Pengertian virtex, virkon, virleg dan cara mengatasinya"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel